Jumat, 25 Juli 2014


News / Nasional

9 April, Penghitungan Suara Pemilu Luar Negeri

Selasa, 1 April 2014 | 10:00 WIB
SERAMBI/M ANSHAR Ilustrasi: Pemilu.


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014 di tujuh negara sudah dilaksanakan. Namun, penghitungan perolehan suara baru dilakukan 9 April 2014.

"Penghitungan surat suara yang tercoblos di seluruh TPSLN (tempat pemungutan suara luar negeri) akan dilakukan pada 9 April di masing-masing PPLN (panitia pemilihan luar negeri), bersamaan dengan penghitungan di TPS dalam negeri," ujar Ketua Kelompok Kerja PPLN Wahid Supriyadi di Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Hingga Senin (31/3/2014), PPLN telah melangsungkan pemungutan suara di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Hongkong, Brasil, Cili, Denmark, Ecuador dan Afghanistan. Pelaksanaan tersebut berlangsung di enam PPLN, yaitu Beijing, Shanghai, Hongkong, Brasil, Santiago dan Kopenhagen.

Komisioner KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkyansyah mengatakan, semua surat suara yang telah dicoblos tersebut saat ini disimpan oleh petugas PPLN di kantor perwakilan atau kedutaan besar RI (KBRI) di masing-masing negara.

"Hasil pemungutan suara di TPS LN sudah dimasukkan kembali ke dalam kotak suara dan disimpan di kantor PPLN dengan pengawasan kamera pengintai CCTV (closed-circuit television)," kata Ferry.

Periode pelaksanaan pemungutan suara di luar negeri dimulai 30 Maret hingga 6 April di 130 kantor perwakilan atau PPLN di negara asing. Sedikitnya 1.714 warga Negara Indonesia (WNI) di negara tersebut datang dan menggunakan hak pilih mereka.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Deytri Robekka Aritonang
Editor : Sandro Gatra