Minggu, 25 Juni 2017


News / Regional

Susi Pudjiastuti Juga Bangun Masjid Besar di Pangandaran

Kamis, 30 Oktober 2014 | 08:30 WIB
Kompas.com / RODERICK ADRIAN MOZES Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan pers di Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Susi mulai bertugas sebagai menteri pada hari ini dengan melakukan perkenalan kepada karyawan dan berdiskusi santai dengan lima direktur jenderal (dirjen) serta tiga kepala bidang di sofa ruangan kerjanya. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
PANGANDARAN, KOMPAS.com — Warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang merasakan kebanggaan tersendiri dengan terpilihnya putra daerah, Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kabinet Kerja Jokowo-JK, masih ingat jasa pemilik perusahaan Susi Air dalam membangun sebuah masjid besar di daerahnya.

“Yang membangun Masjid Agung (Besar) di Pangandaran ini adalah Bu Susi. Malahan dulunya tanah masjid ini adalah wakaf dari almarhum ayahnya, Haji Karlan,” jelas Suharto (65), salah seorang warga setempat, saat ditemui di sekitar Jalan Merdeka, Pangandaran, Kamis (29/10/2014).

Suharto menambahkan, kala itu, biaya pembangunan masjid besar yang lokasinya berada di seberang jalan rumah Susi tersebut sebagian besar ditanggung oleh Susi Pudjiastuti. Malahan, waktu itu, seingat Suharto, Susi tak mengizinkan warga untuk meminta bantuan kepada orang lain demi membangun masjid tersebut.

“Bu Susi waktu itu melarang warga untuk meminta bantuan sana-sini. Kata Bu Susi, sudah ayo kita bangun, dananya dari dia sendiri. Akhirnya sekarang masjid besar ini dijadikan Masjid Agung Kabupaten Pangandaran,” kata Suharto.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, lokasi Masjid Agung Kabupaten Pangandaran berlokasi di depan Bundaran Gerbang Masuk Lokasi Wisata Pantai Pangandaran. Di samping kanan masjid terdapat Jalan Merdeka, Kabupaten Pangandaran, sekaligus lokasi kediaman yang menyatu dengan perkantoran perusahaan milik Susi Pudjiastuti.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha
Editor : Farid Assifa